Kali ini saya akan membahas bagaimana caranya menjalankan projek PHP menggunakan XAMPP, yang mana artikel ini adalah lanjutan dari articel sebelumnya yaitu Cara Install XAMPP di Windows.

Dan tanpa basa-basi kita langsung saja masuk ke pembahasan utama dengan membuka control panel XAMPP seperti gambar dibawah ini.

XAMPP Control Panel

Dan jalankan Apache sebagai web server sekaligus PHP yang sudah termasuk didalam nya.

XAMPP Control Panel – Start Apache

Setelah itu kalian bisa membuka browser favorit kalian seperti Firefox, Chrome, atau Edge, lalu masukan link http://localhost pada address browser kalian seperti gambar dibawah ini, yang mana akan tampil halaman utama XAMPP.

XAMPP Welcome Site

Hal tersebut bisa tampil karena default nya Apache yang ada pada XAMPP, akan mengarahkan http://localhost ke direktori C:\Xampp\htdocs\dashboard\index.html

Dan untuk memulai projek PHP, kalian bisa membuat direktori sendiri di C:\Xampp\htdocs, sebagai contoh saya akan membuat direktori bernama supanadit seperti gambar dibawah ini

XAMPP Htdocs Folder

Dan jika kalian masuk kedalam direktori tersebut, maka akan kosong seperti ini

XAMPP My Project Directory

Dan dari sini kalian sudah bisa membuka projek kalian di browser dengan URL http://localhost/<nama-projek> atau untuk contoh disini adalah http://localhost/supanadit yang mana supanadit sendiri adalah nama dari direktori yang kalian buat, dan jika kalian akses dari browser, maka akan tampil seperti gambar dibawah ini, dimana secara tampilan masih kosong.

Setelah itu kalian bisa membuat satu file index.php pada direktori tersebut seperti gambar dibawah ini.

Index.php

Lalu kalian bisa meng-edit file tersebut menggunakan text editor, dan untuk text editor favorit saya adalah Visual Studio Code, maka dari itu saya akan menggunakan nya untuk meng-edit file tersebut dan mengisinya dengan kode yang sederhana seperti gambar dibawah ini.

Hello World Basic PHP code

Setelah itu jika kalian kembali ke browser dan akses URL http://localhost/supanadit maka kalian akan melihat halaman seperti gambar dibawah ini.

Hello World Page

Dan seperti itu lah bagaimana menjalankan projek PHP pada XAMPP, namun masih ada beberapa cara untuk menjalankan projek PHP pada XAMPP, khusus nya yang menggunakan framework Laravel, Codeigniter, dll. yang mana setiap framework terkadang punya cara konfigurasi yang berbeda untuk di implementasi menggunakan web server.

Selanjutnya kalian bisa belajar tentang dasar-dasar PHP yang akan hadir di situs blog ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like

Hello World!

Selamat datang dan selamat ber-explorasi di blog pribadi saya, yang mana di sini kalian akan menemukan berbagai macam…